Biaya ONH Plus Tahun 2013

Posted by Unknown on Thursday, May 23, 2013

Biaya ONH Plus Tahun 2013
Jamaah Cheria Travel di Tanah Suci

Sesuai dengan edaran Depag bahwa biaya ONH Plus 2013 dikisaran paling murah $8000, tentunya ini kabar gembira bagi jamaah asal Indonesia, seperti yang kita ketahui sebelumnya diberitakan juga bahwa harga haji reguler juga mengalami penurunan.

Mengapa biaya haji turun salah satunya disebabkan adanya dana haji yang terkumpul di Kementrian haji sebesar 1 trilyun, Manfaat dana haji digunakan untuk meringankan biaya haji. Dalam dua tahun ini hasil optimalisasi selalu meningkat," terang Bendahara Sistem Inforasi Haji Kementerian Agama Hasan Fauzi. Ia mengatakan logikanya setiap tahun pasti akan ada peningkatan biaya. Namun dengan adanya hasil optimalisasi dari penempatan dana di tiga instrumen tersebut, peningkatan tersebut dapat diminimalisasi.

Skema Pelunasan Biaya Haji Berubah

Kementeraian Agama (Kemenag) RI mengubah skema pelunasan biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) 2013. Jika sebelumnya pelunasan BPIH terbagi dalam tiga tahap, tahun ini hanya ada satu kesempatan.

"Masa pelunasan BPIH 2013 tidak menggunakan tahapan-tahapan," kata Direktur Pelayanan Haji Kemenag, Sri Ilham Lubis

Konsekuensinya, jika ada jamaah yang tidak melunasi BPIH pada waktu yang ditetapkan, kursi yang tidak terisi menjadi sisa nasional dan dikelola langsung Kemenag. Sebelumnya, jika jamaah haji kuota berjalan tidak bisa melunasi BPIH pada tahap pertama, masih ada kesempatan kedua dan ketiga.

Penghapusan tahapan pelunasan itu karena pembahasan sekaligus penetapan ongkos haji antara Kemenag dan DPR berlangsung cepat. Karena itu, masyarakat memiliki banyak waktu sebab masa pelunasan BPIH diperpanjang. "Pada tahun-tahun sebelumnya, tahap pertama pelunasan BPIH itu antara tiga sampai empat minggu,


Biaya ONH Plus 2013

Judul: Biaya ONH Plus Tahun 2013
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

2 comments:

  1. Harga ONH Plus yang terjangkau

    Tentu kita kaget melihat judul tulisan ini, kok harga ONH Plus dikatakan terjangkau ? Baiklah, memang kita harus akui biaya ONH Plus tentu lebih mahal, bahkan dua kali lipat dari biaya haji regular ( ONH regular ).

    Namun, jangan lupa kita melakukan kalkulasi lebih jauh. Bila Anda mengambil paket haji regular atau ONH Biasa maka Anda tentu akan mendapat nomor kursi untuk 8 tahun hingga 10 tahun yang akan mendatang, bahkan di beberapa tempat bisa lebih dari 10 tahun ! Juga jangan lupa fasilitas yang akan kita dapatkan bila kita berhaji dengan ONH Biasa atau paket regular adalah fasilitas yang terasa sangat kurang, untuk pemondokan saja bisa sejauh 2 – 3 KM dari masjidil harom saat kita berada di Makkah, belum lage fasilitas lainnya seperti konsumsi, jaminan medis dan lainnya.

    Setelah kita mempertimbangkan soal panjangnya antrian dan fasilitas yang akan kita terima bila mengambil paket ONH biasa dibandingkan dengan paket dari harga ONH Plus, ingatlah dalam waktu 10 tahun kita bisa prediksikan harga ONH Biasa bisa naik, dan kenaikan tersebut umumnya adalah 10 % setiap tahunnya. Bila tahun 2013 adalah Rp. 33,8 juta maka bila dikalkulasi dengan harga kenaikan umumnya, dalam tempo 10 tahun harga akan mencapai Rp. 50 Juta hingga Rp. 60 Juta dengan fasilitas yang biasa saja.

    Bila seperti itu, kenapa kita tidak mengambil kredit di Bank untuk melakukan ibadah haji dengan paket ONH Plus yang saat ini berkisar Rp. 75 Juta – Rp, 80 Juta…??? Toh, pembayaran kredit kita ke Bank tidak akan jauh berbeda dengan persiapan kita menabung untuk persiapan ONH 10 tahun yang akan datang…??

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas komentar yang bermanfaat, kami juga sangat setuju dengan analisis yang diberikan.. maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan untuk mendaftar haji onh plus segera sebelum terlambat dan harga/biayanya pun semakin mahal.

    ReplyDelete

Travel Tour Wisata Muslim Umroh Haji ONH Plus Cheria