Memahami Badal Haji

Posted by Unknown on Thursday, January 17, 2013



badal haji, haji 2013, ibadah haji,


Badal haji secara sederhana diartikan sebagai tindakan menghajikan orang lain. Bolehkah? Itu pertanyaan spontan yang paling sering diajukan orang yang baru mendengar istilah ini pertama kali.

Dalil yang digunakan untuk membolehkan praktik badal haji adalah kutipan berikut ini.

Hadist riwayat Ibnu Abbas 
"Seorang perempuan dari kabilah Khats'am bertanya kepada Rasulullah "Wahai Rasulullah ayahku telah wajib Haji tapi dia sudah tua renta dan tidak mampu lagi duduk di atas kendaraan apakah boleh aku melakukan ibadah haji untuknya?" Jawab Rasulullah "Ya, berhajilah untuknya" 
(H.R. Bukhari Muslim dll.).

"Seorang lelaki datang kepada Rasulullah s.a.w. berkata "Ayahku meninggal, padahal dipundaknya ada tanggungan haji Islam, apakah aku harus melakukannya untuknya? Rasulullah menjawab "Apakah kalau ayahmu meninggal dan punya tanggungan hutang kamu juga wajib membayarnya ? "Iya" jawabnya. Rasulullah berkata :"Berhajilah untuknya".
 (H.R. Dar Quthni)

Badal haji dilakukan terutama untuk orang yang sudah meninggal dan sebetulnya secara (finansial) tergolong orang yang sudah mampu berhaji. Demikian pula untuk orang yang masih hidup dan mampu namun secara fisik tidak sanggup menjalankan ibadah haji, bisa karena sudah renta maupun ada penyakit yang membatasi gerak fisiknya.


badal haji, haji 2013, ibadah haji,


Cheria Tour and Travel memfasitasi keinginan umat untuk menjalankan badal haji. Kami telah menyediakan tenaga perwakilan di Makkah Al-Mukaromah yang siap untuk membadalkan haji. Tentu saja kami telah memilih orang yang sesuai syarat untuk melakukan badal haji, yakni telah menunaikan ibadah haji sebelumnya, telah akil baligh dan sehat secara fisik,  serta ilmu agama yang insya Allah mencukupi.

Badal haji juga dapat dilakukan oleh anggota keluarga. Bahkan seorang anak disunnahkan menghajikan orang tuanya yang telah meninggal atau tidak mampu lagi secara fisik. Dalam sebuah hadist Rasulullah berkata kepada Abu Razin "Berhajilah untuk ayahmu dan berumrahlah".


badal haji, haji 2013, ibadah haji,


Badal haji dilakukan tanpa pertimbangan komersial apalagi sampai menjadi profesi. Biaya yang dikeluarkan juga berasal dari orang yang dihajikan alau paling tidak sebagian besar diantaranya.

Info ini mendorong Anda untuk melakukan badal haji bagi orangtua Anda? Hubungi staf marketing kami untuk konsultasi dan simak juga video singkat kami di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.





Judul: Memahami Badal Haji
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

1 comment:

  1. Sesuai dengan tema,barangkali ada yang butuh bantuan badal haji .. silahkan hubungi kami langsung dari saudi arabia.


    http://badalhaji-umrah.blogspot.com/

    atau di

    http://www.kaskus.co.id/thread/5224fe43faca176536000000/jasa-badal-haji-langsung-dari-saudi-arabia--setiap-tahun

    Afwan.. Jazakallahu khairan kasira

    ReplyDelete

Travel Tour Wisata Muslim Umroh Haji ONH Plus Cheria