Memilih dan Manfaat Bimbingan Haji

Posted by Unknown on Tuesday, January 22, 2013




Menjalankan ibadah haji selama berhari-hari di tanah suci sebetulnya merupakan puncak dari deretan panjang persiapan yang harus dilakukan. Panjangnya persiapan itu bisa lebih panjang lagi bila ditambah dengan kegiatan mengumpulkan dana yang bagi sebagian besar dari kita perlu waktu bertahun-tahun.

Selain persiapan fisik dan hati yang pasrah, persiapan dalam bentuk bimbingan haji telah menjadi kebutuhan yang tak bisa diremehkan. Bahkan, kegiatan ini seolah tak bisa dipisahkan dari ibadah berhaji itu sendiri. Bimbingan manasik haji ibarat “sekolah” bagi calon jamaah haji. Di situlah hal ihwal pelaksanaan ibadah haji bakal disampaikan secara lengkap, detail, berikut praktiknya.

Nah sekarang kita bahas mengenai cara memilih bimbingan haji. Di Indonesia, yayasan atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan ini cukup banyak. Ada yang digelar oleh perusahaan perjalanan haji, kelompok pengajian, lembaga sosial, bahkan sekolah-sekolah. Bagaimana cara memilihnya? Ini infonya:



Pilih Ustaz berpengalaman
Pastikan Anda dibimbing oleh orang yang tahu betul ibadah haji, tidak sekadar pernah berhaji. Pastikan pembimbing Anda paham benar pelaksanaan haji dan medan di Mekah dan Madinah.

Cek rekomendasi
Sempatkan waktu untuk melihat testimoni dari orang-orang yang pernah dibimbing oleh ustaz tersebut. Nilailah tingkat kepuasan mereka.

Pertimbangkan biaya
Bimbingan haji ada yang gratis tapi banyak yang berbayar. Jangan asal gratis tetapi yang mahal pun belum tentu yang terbaik. Timbang-timbanglah berdasar testimoni teman-teman yang pernah mengikuti kegiatan ini.

Pertimbangkan keilmuan pembimbing
Pengalaman saja tidak cukup, pilihlah pembimbing yang penuh ilmu keagamaan terutama pelaksaana ibadah haji. Sebab, di tanah suci Anda perlu banyak bertanya tentang segala sesuatu. Itulah sebabnya bimbingan hajimutlak melibatkan ustaz berilmu.

Nah, dari sanalah Anda bakal menemukan manfaat mengikuti bimbingan haji. Selama menjalani kegiatan ini Anda akan dibimbing untuk melakukan berbagai hal. Tujuannya agar saat berada di tanah suci Anda sudah paham harus melakukan apa. Mengikuti bimbingan haji juga bakal membuat Anda paham apa yang wajib, sunnah, dan haram selama menjadi tamu Alloh.




Judul: Memilih dan Manfaat Bimbingan Haji
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

0 comments... Baca dulu, baru komentar

Post a Comment

Travel Tour Wisata Muslim Umroh Haji ONH Plus Cheria