Memahami Rukun Haji

Posted by Unknown on Monday, January 28, 2013



Memahami Rukun Haji





Yang dimaksud rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, dan jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah. Di luar itu, dikenal juga istilah syarat haji dan wajib haji. Ada pun rukun haji adalah sebagai berikut:


Rukun Haji



1. Ihram


Ihram,
rukun haji ini dilakukan ketika mulai mengerjakan ibadah haji atau umroh dengan memakai pakaian ihram disertai niat haji atau umroh di miqat.
Lafazh talbiyah:

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak”. (Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu,  aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu).  Perlu diingat, ketika bertalbiyah, laki-laki disunnahkan mengeraskan suara.

2. Wukuf


Wukuf di
padang Arafah. Jamaah haji diwajibkan untuk berdiam diri, melakukan dzikir dan berdo'a di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah. Hal yang memperkuat kewajiban ini adalah kalimat Ibnu Rusyd yang berkata, “Para ulama sepakat bahwa wukuf di Arafah adalah bagian dari rukun haji dan siapa yang luput, maka harus ada haji pengganti (di tahun yang lain).”

3. Tawaf Ifadah


Tawaf Ifadah, yaitu
rukun haji dengan cara mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dilakukan sesudah melontar jumrah Aqabah pada tanggal 10 Zulhijah. Dalil yang dipakai adalah suratan Dan hendaklah mereka melakukan melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS. Al Hajj: 29)

4. Sa'i


Sa'i,
jamaah haji berjalan atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 Kali, dilakukan sesudah Tawaf Ifadah. Rasullolah bersabda “Lakukanlah sa’i karena Allah mewajibkan kepada kalian untuk melakukannya.” (HR. Ahmad 6: 421)

5. Tahallul


Tahallul
adalah rukun haji yang dilakukan dengan bercukur atau menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i.

6. Tertib


Tertib, yaitu mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal.
Jangan ragu untuk meminta tuntunan kepada pembimbing Anda mengenai ke-enam rukun haji di atas. Insya Allah haji Anda menjadi sah.




Jika Anda ingin mengkonsultasikan perencanaan ataupun penunaian ibadah haji, maka silahkan hubungi Cheria Travel yang akan dengan senang hati melayani Anda semua. Semoga selalu diberi kelancaran dan kemudahan untuk dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci ya. Aamiin.


Salam Cheria Travel,


Judul: Memahami Rukun Haji
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

0 comments... Baca dulu, baru komentar

Post a Comment

Travel Tour Wisata Muslim Umroh Haji ONH Plus Cheria